Penjualan Datsun GO turun gara-gara sikembar Calya Sigra.

Kekuatan Datsun dengan modelnya dan mesin yang tidak ada perubahan selama 2 tahun ini ternyata juga bisa menjadi salah satu turunnya jumlah penjualan Datsun selama ini. Dan ditambah dengan adanya mobil kembar keluaran Daihatsu Toyta yaitu Calya dan Sigra yang mempunya kelas sama dengan Datsun GO.
Penjualan Datsun GO turun gara-gara sikembar Calya Sigra.

Datsun yang masih PD dengan mesin manual dan selama 2 tahun ini hanya memperbaki dari sisi aksesoris tenyata bisa dijadikan sebagai alasan konsumen yang lebih memilih dua Calya Sigra.

Berikut saya qoute laporan Datsun GO yang kalah penjualn dibandingkan doa kembar Calya Sigra di Bandung.

Datsun Indonesia boleh saja bergeming dan menampik adanya efek negatif akibat hadirnya si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Namun pada kenyataannya, diler merasakan pukulan yang sangat telak dan menyatakan penurunan permintaan.

Di Cimahi, melalui diler Nissan-Datsun Cimahi (PT Wahana Wirawan), merasakan adanya penurunan Surat Permintaan Kendaraan (SPK), khususnya Datsun dalam sebulan terakhir. Ivan Sofyan, Kepala Cabang, mengatakan kepada KompasOtomotif bahwa efek yang dirasakan cukup besar.

”Penurunannya cukup besar, baik dari SPK maupun mobil yang terkirim. Efeknya kami rasakan bulan lalu (September 2016) sangat terasa,” ujar Ivan Sabtu (1/10/2016), di Cimahi, Kabupaten Bandung.

Kendati demikian Ivan mengatakan, kondisi yang terjadi di tempatnya bekerja tidak menggambarkan   situasi Datsun secara nasional.

Cerita yang sama diungkap salah satu tenaga penjual Datsun di Jakarta. Kepada KompasOtomotif, (1/10/2016), pemesanan yang unti Datsun Go Panca dan Go+ Panca tak sekencang dua atau tiga bulan lalu.

”Konsumen banyak yang tanya, cuma banyak juga yang menahan diri, melihat merek sebelah dulu. Biasanya saya bisa 5-10 SPK sebulan, kini mencari 3 sudah susah,” kata wiraniaga.

Bagaimanapun, ada data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dengan gamblang menunjukkan adanya penurunan setidaknya hingga Agustus 2016.

Datsun tercatat menjual 2.047 unit (wholesales) pada Agustus. Sementara Calya tiba-tiba menyeruak dengan 9.241 unit, dan Sigra yang melejit di angka 5.734 unit.

Perolehan Datsun itu sudah menurun secara bertahap sejak awal tahun yang masih mampu mencapai rata-rata penjualan 3.100 – 3.200 unit sebulan. Perolehan Agustus 2016 juga menjadi titik terendah Datsun selama tahun 2016.

Comments

  1. Dalam keadaan tersebut, Datsun tetap mempunyai peminat yang bener2 peminat Datsun / Nissan. Hasil kerja keras selama dua tahun citra baik datsun sdh memasyarakat.

    nissandatsunyogyakarta.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Serba-serbi kaki DATSUN GO+

Desain cutting stiker untuk Datsun GO+