Apakah Airbag bisa kadaluarsa?

Seperti dilansir dari The Detroit Bureau (TDB), alat keselamatan tambahan ini ada umur pakainya. Namun demikian hal tadi masih sangat tergantung dengan sistem yang digunakan pada airbag tersebut.

Apakah Airbag bisa kadaluarsa?

Sistem kerja airbag selama ini berasal dari pemantik yang disebut sistem Supplemental Restraint System (SRS) yang menggabungkan prinsip dasar elektronik dan kimia menggunakan amonium nitrat. Gas yang menghasilkan nitrogen ini, akan menghasilkan panas ketika sensor elektrik yang mengirimkan sinyal ke pemantik. Hal itulah yang menyebabkan kantung udara mengembang.

Adapun Amonium nitrat secara alami akan rusak seiring waktu. Zat ini akan lebih cepat rusak terlebih di daerah beriklim panas dan lembab seperti Indonesia. Sementara di daerah beriklim kering lebih diuntungkan karena tingkat kerusakannya lebih lambat.

Menurut Penelitian

Menurut penelitian National Highway Transport Safety Administration (NHTSA), masalah gabungan sensor elektrik dengan amonium nitrat ini 50% akan mengalami kegagalan pada mobil berusia di atas 10 tahun.

Dampaknya, tentu saja airbag tersebut belum tentu dapat mengembang saat dibutuhkan karena zat kimia tersebut yang sudah rusak.

Comments

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel