Harga jual Datsun Turun. Pedagang jadi malas jualnya.

Datsun yang mereknya dipegang oleh Nissan Motor Indonesia (NMI), dikabarkan akan berhenti produksi tahun depan atau sejak awal 2020. Meski pihak NMI enggan mengomentari rumor tersebut, penjualan kendaraan di segmen LCGC tahun ini nyatanya memang sedang redup.
Harga jual Datsun Turun
Harga jual Mobil Datsun Turun

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan LCGC selama periode Januari-September sebanyak 156.642 unit, atau turun sebesar 7,2 persen ketimbang 2018 lalu yang membukukan angka penjualan sebanyak 188.765 unit.

Untuk itu  coba mencari tahu respon pedagang di showroom mobil bekas (mobkas) terhadap merek Datsun yang bermain di segmen tersebut dengan GO Panca atau GO+ Panca.

Menurut Ramlan Damanik, dari showroom Dian Auto di Depok, kondisi pasar LCGC membuat showroomnya tidak tertarik menjual Datsun bekas.

"Showroom kami dalam menjual mobil mengikuti kondisi pasar saja, artinya permintaan Datsun bekas jarang jadi otomatis kami mending ambil mobil yang banyak dicari konsumen aja," kata Ramlan, Minggu (24/11/2019).

"Saya juga sempat lihat mobil Datsun dengan tahun muda ini banyak dijual dipasar lelang, entah kurang puas sama mobilnya atau ditarik leasing. Intinya buat Datsun yang minat jarang," sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan Jefri, dari showroom Malbari Auto Depok, yang menilai masyarakat kurang begitu meminati Datsun bekas.

"Buat Datsun sih peminatnya kurang, mungkin dari desain itu orang kurang suka," jelas Jefri kepada GridOto.com.

"Padahal untuk mesin sih kondisinya segar karena itungannya banyak yang tahun muda. Tapi karena peminat kurang lakunya jadi agak lama," tambahnya.

Sementara itu Sugiyanto, selaku Marketing di showroom Allison Automobile Bintaro, menyebut kalau peminat Datsun cukup ramai pada 6 bulan lalu.

"Showroom kami terakhir jual Datsun 6 bulan lalu, waktu itu peminatnya bagus tapi akhir-akhir ini sepi dan lebih banyak cari LCGC merek lain. Untuk harga bekasnya juga sekarang sedang merosot," ungkap Sugiyanto saat dihubungi GridOto.com.

Berdasarkan faktor-faktor inilah yang membuat orang jarang menjumpai unit Datsun seken di showroom mobil bekas.

Meski begitu, Datsun seken dinilai cocok bagi yang mencari mobil murah dengan tahun muda yang tentunya dengan kondisi mesin yang masih bugar.

Sumber : Tribunnews.com

Comments

Informasi Penting

Aksesoris

Modifikasi

Tips

Bengkel